Lompat ke konten

White Spot: Parasit Penyebab Ikan Koi Sakit!

Parasit Penyebab Koi Sakit

White Spot: Parasit Penyebab Ikan Koi Sakit!

White Spot (Ichthyophthirius multifiliis) atau yang sering juga disebut sebagai “ICH” merupakan salah satu parasit penyebab ikan koi sakit. Penyakit ini berbentuk bintik putih yang menyebar pada seluruh badan ikan koi.

Sebagai makhluk hidup, ikan koi juga rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Hal ini terjadi karena parasit yang menyerang tubuh ikan koi.

Banyak faktor yang menyebabkan ikan koi terkena penyakit, dalam artikel ini Agro Koi Farm akan membahas tentang salah satu penyakit yang sering menyerang ikan koi, yaitu White Spot (ICH). Simak terus artikel sampai bawah ya!

Apa Itu White Spot Pada Ikan Koi?

White Spot atau Ichthyophthirius multifiliis (ICH) merupakan parasit protozoa yang menyebar (ditularkan) melalui ikan lain ke dalam kolam . Namun, penyakit ICH (white spot) juga bisa terbawa oleh air yang terbawa saat mengisi kolam.

Parasit akan menghisap darah ikan koi sebagai makanannya, hal ini menyebabkan kerusakan pada tempat di mana terjadi penempelan parasit ICH. Kerusakan organ yang disebabkan oleh parasit ini antara lain menyerang insang dan kulit dapat terjadi pada infeksi parasit penyebab penyakit white spot.

Penyakit ICH tidak dapat berkembang baik pada suhu air yang diatas 30 derajat Celcius. Maka dari itu, penggunaan heater dapat memberantas penyakit satu ini.

Gejala Penyakit White Spot

Berikut adalah gejala penyakit white spot yang menyerang ikan koi:

  1. Bintik Putih pada Tubuh Ikan Koi

Gejala utama penyakit White Spot adalah munculnya bintik-bintik putih pada kulit, sirip, dan insang ikan koi.

white spot

Bintik-bintik ini umumnya memiliki ukuran sekitar 0,5 hingga 1 milimeter dan menyerupai butiran garam atau pasir. Bintik-bintik putih ini merupakan kista parasit yang menempel pada tubuh ikan.

  1. Kulit Ikan Koi Terkelupas

Bintik putih pada kulit ikan koi yang merupakan kista parasit kemudian pecah, mengakibatkan lapisan kulit terkelupas. Ini dapat menyebabkan kerusakan kulit dan membuat ikan terlihat lebih lemah.

White Spot

  1. Perilaku Aneh pada Ikan Koi

Ikan koi yang terinfeksi Ich mungkin menunjukkan perilaku yang tidak normal, seperti kelesuan, kurang aktif, dan sering menggosokkan tubuhnya pada permukaan benda atau dinding kolam atau akuarium. Ini adalah upaya ikan untuk mengatasi gatal atau iritasi yang disebabkan oleh parasit.

  1. Ikan Koi Kehilangan Nafsu Makan

Ikan koi yang terkena penyakit ini sering mengalami penurunan nafsu makan. Mereka mungkin menolak makanan atau hanya memakan sedikit makanan.

  1. Pernafasan Ikan Koi Cepat

Ikan koi yang terinfeksi Ich dapat menunjukkan pernapasan yang lebih cepat daripada biasanya. Mereka sering terengah-engah dan dapat terlihat kelelahan.

Penyebab Penyakit White Spot (ICH)

Penyakit White Spot disebabkan oleh parasit Ichthyophthirius multifiliis. Parasit ini bersirkulasi dalam kolam atau akuarium dan menyerang ikan koi ketika mereka melemah.

Kualitas air kolam yang tidak diperhatikan dengan baik memang menjadi awal berbagai permasalahan kesehatan pada ikan koi.

Kondisi kolam atau akuarium yang kurang bersih dan kurang terawat dengan baik dapat memicu banyaknya mikroba serta parasit penyebab penyakit white spot (ICH).

Faktor-faktor lain seperti stres, perubahan suhu air yang drastis, juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh ikan koi, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi Ich.

Ikan koi yang terkena penyakit tersebut lama-kelamaan akan mengalami gejala lanjut, seperti kehilangan nafsu makan. Apabila gejala sudah parah dan sampai seluruh badan tertutup lendir terlihat seperti diselimuti awan.

Pengobatan Penyakit White Spot (ICH)

Berikut adalah penanganan atau pengobatan ketika ikan koi terkena penyakit (ICH):

  1. Isolasi Ikan

Pertama-tama, pisahkan ikan yang terinfeksi dari ikan koi lainnya dalam kolam atau akuarium Anda. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit pada ikan sehat.

  1. Perbaiki Kualitas Air

Pastikan kualitas air di kolam atau akuarium koi Anda tetap optimal. Uji dan kontrol parameter air seperti suhu, pH, amonia, nitrit, dan nitrat. Jaga agar suhu air tetap stabil, dan pastikan bahwa kolam memiliki sirkulasi udara dan filtrasi yang baik. Kualitas air yang baik akan membantu ikan koi untuk mengatasi stres dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Lakukan Pengawasan Rutin

Pantau perkembangan ikan koi selama pengobatan. Jika gejala memburuk atau tidak membaik setelah beberapa hari pengobatan, segera konsultasikan kembali dengan dokter hewan spesialis ikan.

4. Pencegahan

Setelah ikan sembuh, pastikan Anda menjaga kualitas air dan lingkungan kolam atau akuarium secara teratur. Hindari stres yang tidak perlu pada ikan koi dan pertimbangkan pemberian makanan yang berkualitas tinggi untuk mendukung sistem kekebalan ikan.

Perusahaan kami CV. Agro Koi Farm menyediakan berbagai jenis serta ukuran ikan koi dengan kualitas terbaik dan harga ramah di kantong.

Ikan koi yang kami jual merupakan hasil langsung dari budidaya kami sendiri, maka dari itu ikan koi dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

INFORMASI PERUSAHAAN KAMI CV. AGROTANI SEJAHTERA

Alamat Kantor : Jl. Air Mancur Jl. Desa Bedug No.15, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64171

Nomor WA : +6285791708791

Website : https://agrokoifarm.co.id/

YouTube: https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga ikan koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELPON 085-791-708-791, atau dengan KLIK DISINI

Ingin Konsultasi Mengenai Ikan Koi?

Isi formulir dibawah ini lalu klik kirim untuk konsultasi lebih lanjut dengan Tim Kami