Lompat ke konten

6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Pakan Ikan Koi

6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Pakan Ikan Koi

6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Pakan Ikan Koi – Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dan sangat digemari oleh banyak kalangan.

Dan sebagai makhluk hidup, ikan koi juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, agar dapat tumbuh dengan baik.

Jadi, sangat diperlukan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan koi dalam setiap pakan yang dikonsumsi, tak terlupa juga untuk pakan kering buatan (pelet).

Hal ini karena nutrisi yang lengkap dapat membuat ikan koi sehat.

Dan berikut ini adalah 6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Pakan Ikan Koi:

1. Karbohidrat

Kebutuhan Nutrisi Ikan Koi

Kebutuhan nutrisi untuk pakan ikan koi yang pertama adalah karbohidrat. Karbohidrat dapat diperoleh dari sumber pakan nabati seperti jagung, padi maupun gandum.

Jika makhluk hidup kekurangan karbohidrat, akibatnya dalam proses metabolisme akan memecah protein yang menghasilkan lebih banyak kadar ammonia dan mengakibatkan sistem filter kolam.

Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan karbohidrat sebaiknya tidak lebih dari 30-40%. Hindari pakan pelet yang terlalu banyak mengandung karbohidrat, karena tubuh ikan koi akan sangat lambat dalam menyrapnya.

Dan tidak efektif dalam menunjang pertumbuhan namun hanya akan membuat perut koi terlihat buncit.

2. Protein

Kebutuhan nutrisi untuk pakan ikan koi yang kedua adalah protein. Fungsi protein sendiri adalah sebagai pembangun fungsi fisiologi serta pertumbuhan sel-sel pada tubuh ikan koi.

Jika kebutuhan protein pada ikan koi tidak terpenihi, maka pertumbuhan koi kesayangan Anda akan menjadi lambat, dan hal itu dapat mempengaruhi bentuk tubuh yang akan terlihat kurus.

Protein sendiri dapat diperoleh dari tumbuhan, bakteri maupun binatang. Sumber utama protein yang baik bagi ikan koi adalah tepung ikan atau tepung kedelai.

Ikan koi yang masih berukuran kecil membutuhkan kandungan protein sebesar 42% dan untuk ikan koi yang sudah beranjak dewasa, kebutuhan protein yang dibutuhkan adalah sebesar 30-38%.

3. Vitamin

Kebutuhan nutrisi untuk pakan ikan koi yang berikutnya adalah vitamin. Sebagai mahkluk hidup, ikan koi juga membutuhkan beberapa vitamin yang diperlukan untuk tubuhnya.

Fungsi dari vitamin adalah sebagai pembangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang diperlukan untuk kebutuhan ikan koi antara lain: Vitamin A, B, C, D serta K.

4. Lemak

Kebutuhan nutrisi untuk pakan ikan koi yang berikutnya adalah lemak. Selain sebagai sumber utama untuk ikan koi, lemak juga dapat membantu menjaga gaya apung ikan koi agar tetap stabil.

Sumber lemak sebagai pakan ikan koi bisa diperoleh dari gandum, minyak jagung atau tepung ikan.

Kebutuhan lemak untuk pertumbuhan ikan koi adalah 3-10%. Dan apabila kandungan lemak pada pakan ikan koi terlalu banyak akan menyebabakan kenaikan berat badan yang akan mengganggu fungsi hati.

Ada baiknya koi lovers memperhatikan kebutuhan kandungan lemak, jangan sampai lebih dari 10%.

5. Mineral

Kebutuhan nutrisi untuk pakan ikan koi yang selanjutnya adalah mineral. Fungsi dari mineral adalah sebagai metabolisme serta membantu proses osmoregulasi (upaya yang dilakukan oleh ikan koi untuk mengontrol keseimbangan air serta ion-ion antara tubuh ikan koi dengan lingkungannya) agar terjadi secara normal.

Ikan koi akan menyerap mineral dari pakan yang diberikan atau bisa juga dari air kolam. Berbagai mineral antara lain adalah zat besi, magnesium, yodium.

Kebutuhan mineral untuk menghindari penurunan nafsu makan serta lambatnya pertumbuha  pada ikan koi.

6. Serat

Kebutuhan nutrisi untuk pakan ikan koi yang selanjutnya adalah serat. Fungsi dari serat sendiri adalah  untuk proses pencernaan ikan koi dan memperlancar penyerapan nutrisi.

Namun harus diperhatikan juga, apabila terlalu banyak mengkonsumsi serat akan menyebabkan kotoran yang berlebih, dan hal ini dapat menyebabkan air kolam kotor.

Sumber serat bisa berasal dari sayuran seperti kangkung, jagung, daun selada, bayam dan oats. Komposisi serat yang baik untuk pakan ikan koi adalah sebsar 5%.

Selain kebutuhan Nutrisi yang sudah dijelaskan di atas, anda juga bisa menambahkan multivitamin seperti Booster Vitaliquid.

Koi lovers bisa mendapatkan informasi mengenai ikan koi berbagai jenis, serta ukuran dan di dampingi tentang perawatan ikan koi di agrokoi.co.id atau agrokoifarm.co.id

Dan itulah tadi 6 Kebutuhan Nutrisi Untuk Pakan Ikan Koi.

Perusahaan kami CV. Agro Koi Farm menyediakan berbagai jenis serta ukuran ikan koi dengan kualitas terbaik dan harga ramah di kantong.

Ikan koi yang kami jual merupakan hasil langsung dari budidaya kami sendiri, maka dari itu ikan koi dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perawatan ikan koi atau lain sebagainya, bisa klik disini

Cek Channel YouTube kami di https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga ikan koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPON 085-791-708-791. Informasi lebih lengkap Klik Disini

Ingin Konsultasi Mengenai Ikan Koi?

Isi formulir dibawah ini lalu klik kirim untuk konsultasi lebih lanjut dengan Tim Kami