Lompat ke konten

7 Jenis Ikan yang Bisa Digabung Dengan Koi

Ikan yang Bisa Digabung Dengan Koi

7 Jenis Ikan yang Bisa Digabung Dengan Koi

7 Jenis Ikan yang Bisa Digabung Dengan Koi – sebagai pecinta ikan hias, hal pertama yang dipersiapkan dalam pemeliharaan tentu kolam atau aquarium untuk tempat memlihara ikan.

Kolam atau aquarium yang memiliki ragam hayati tentunya akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi jika anda adalah penghobi ikan koi.

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan kolam koi, terutama karena pertumbuhan koi tergantung pada kedalaman air, ukuran kolam, kondisi iklim serta cuaca, bahkan pada ikan lain yang berada dalam satu kolam dengan ikan koi.

Karena koi secara bertahap bertambah besar dan bahkan dapat hidup hingga 40 tahun.

Beberapa manfaat yang dapat dibawa oleh jenis ikan lain ke dalam kolam koi adalah selain menjadi estetika karena isi kolam yang beragam, jenis ikan lain dapat memberikan layanan ekosistem, seperti pengaturan pertumbuhan alga, menjaga dasar kolam agar tetap bersih, dan pemangkasan teratur untuk mencegah pertumbuhan berlebih tanaman.

Jika koi lovers berniat untuk menambahkan ikan jenis lain kedalam kolam ikan koi, maka harus diperhatikan pula bahwa tidak semua jenis ikan lain cocok apabila disatukan dalam kolam.

Lalu, ikan jenis apa saja yang bisa digabung dengan ikan koi?

Berikut adalah beberapa teman kolam yang sangat baik yang akan berkembang dengan damai bersama koi Anda:

1. Ikan Mas

Jenis ikan yang bisa digabung dengan koi yang pertama adalah ikan mas. Ikan satu ini masih memiliki hubungan saudara dengan ikan koi karena termasuk kedalam spesies (Cyprinidae).

Ikan mas juga memiliki warna serta jenis yang bervariasi, selain itu, ikan mas juga memiliki umur yang panjang seprti ikan koi.

Selain masih dalam satu spesies, ikan koi dapat menjadi teman kolam untuk ikan koi karena memiliki kebutuhan ekosistem yang sama dan dapat mengonsumsi jenis makanan yang sama.

Koi bahkan bisa mengonsumsi serpihan ikan mas, yang bahannya sama dengan pelet koi.

2. Ikan Nila

Ikan yang Bisa Digabung Dengan Koi

Jenis ikan yang bisa digabung dengan koi yang kedua adalah ikan nila. Ikan jenis ini dapat menjadi solusi bagi koi lovers yang ingin menambah isi kolam, namun budget yang tersedia menipis.

Selain itu, ikan nila cenderung tahan banting dan mudah dalam perawatannya, bahkan biasanya ikan nila cukup memakan makanan ikan Koi.

3. Ikan Sapu-Sapu

Ikan yang Bisa Digabung Dengan Koi

Jenis ikan yang bisa digabung dengan ikan koi berikutnya adalah ikan sapu-sapu. Ikan jenis ini membawa manfaat untuk ekosistem kolam, karena ikan ini mampu menyedot ganggang dengan mulutnya.

Memelihara ikan sapu-sapu merupakan strategi yang efektif untuk mengendalikan pertumbuhan alga di sepanjang dinding dan lantai kolam kecil.

Ikan sapu-sapu juga tidak memerlukan makanan khusus, ini adalah pasangan kolam yang ideal untuk koi.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa kualitas air harus tetap baik, jika koi lovers ingin memelihara ikan sapu-sapu ini bersama koi.

4. Ikan Karper Rumput (Grass Carp)

Ikan yang Bisa Digabung Dengan Koi

Jenis ikan yang bisa digabung dengan ikan koi yang selanjutnya adalah ikan karper rumput atau bisa juga disebut grass carp.

Ikan jenis ini merupakan anggota lain dari keluarga ikan mas, Ctenopharyngodon idella atau yang lebih dikenal sebagai ikan mas rumput karena kecenderungannya untuk mengkonsumsi tanaman air.

Karper rumput membawa manfaat bagi kolam koi karena dapat mengendalikan pertumbuhan gulma, karena ikan jenis ini memakan gulma tersebut.

5. Ikan Kakap Hitam

Jenis ikan yang bisa digabung dengan ikan koi yang selanjutnya adalah ikan kakap hitam.

Perawatan untuk spesies ini mungkin lebih menuntut dibandingkan dengan spesies lain dalam daftar ini, tetapi harus dapat dikelola sepenuhnya selama beberapa persyaratan terpenuhi.

Ikan kakap hitam membutuhkan area kolam yang lebih besar untuk tumbuh.

Dibandingkan dengan koi, ikan kakap hitam akan membutuhkan kandungan oksigen yang lebih tinggi di dalam air, pompa cadangan akan ideal untuk memastikan aerasi yang tepat.

6. Ikan Chinese high-fin banded shark

Jenis ikan yang bisa digabung dengan ikan koi berikutnya adalah Chinese high-fin banded shark. Meskpiun memiliki sebutan “shark” namun, ikan jenis ini bukanlah ikan hiu sesungguhnya.

Ikan jenis ini memiliki sirip punggung yang tinggi saat sebelum dewasa. Dan akan tampak terlihat sangat berbeda saat sudah dewasa, bahkan hampir seperti spesies yang sama sekali berbeda.

Spesies ini akan membutuhkan kondisi yang terpelihara dengan baik, dan mungkin rentan terhadap penyakit di air berkualitas buruk.

Dan ikan jenis ini berguna untuk memakan lumut-lumut yang menempel di dalam kolam.

7. Ikan Pari Hitam Totol

Jenis ikan yang bisa digabung dengan ikan koi yang terakhir adalah ikan jenis pari hitam totol. Soal makanan, ikan jenis ini tidak perlu terlalu merepotkan, koi lovers dapat memberinya potongan udang atau bisa juga pelet tenggelam khusus ikan predator.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika merawat ikan ini bersama Koi, pastikan sistem filtrasinya mumpuni dan berjalan dengan baik ya.

Dan itu tadi 7 jenis ikan yang bisa digabung dengan ikan koi.

INFORMASI PERUSAHAAN KAMI CV. AGROTANI SEJAHTERA

Alamat Kantor : Jl. Air Mancur Jl. Desa Bedug No.15, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64171

Nomor WA : +6285791708791

Website : https://agrokoifarm.co.id/

YouTube: https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga ikan koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELPON 085-791-708-791, atau dengan KLIK DISINI

Ingin Konsultasi Mengenai Ikan Koi?

Isi formulir dibawah ini lalu klik kirim untuk konsultasi lebih lanjut dengan Tim Kami